Badung, 30.05.2024 – Bea Cukai Ngurah Rai menjadi tuan rumah deklarasi bersama implementasi mandatory SSm Ekspor dan autogate system ekspor-impor yang dikemas dalam acara coffee morning. Deklarasi ini dihadiri oleh plh. Kepala Kantor Wilayah DJBC Bali, NTB dan NTT, Direktur Efisiensi Proses Bisnis LNSW, Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV, Balai Besar Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Wilayah Bali, Ketua Pelaksana Harian Tim Teknis Pengembangan National Logistics ecosystem, Kepala Dinas Perdagangan dan perindustrian Bali, Kepala Badan Pengendalian dan Pengawasan Mutu Hasil Kelautan dan Perikanan Denpasar, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Bali, Kepala Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut Denpasar, Ketua Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia serta beberapa eksportir dan awak media di wilayah Bali.

Single Submission Ekspor (SSm Ekspor) adalah platform digital yang mengintegrasikan berbagai proses pengajuan dokumen ekspor, seperti Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB), Surat Keterangan Asal (SKA), dan permohonan karantina dalam satu sistem. Untuk proses ekspor atas beberapa komoditi tertentu yang membutuhkan perizinan berupa sertifikasi dan uji kelayakan wajib dicantumkan dalam setiap pemberitahuan ekspor.

Kelengkapan pemenuhan sertifikasi di negara pengekspor akan mempelancar proses pemasukan di negara tujuan. Keunggulan SSm ekspor ini seluruh data dan informasi yang diperlukan dapat disampaikan secara tunggal mengurangi repetisi dan duplikasi proses. Saat ini ketika eksportir submit dapat langsung selesai dalam kurun waktu 45 menit dimana sebelumnya bisa memakan waktu 1 hari.


Bea Cukai Ngurah Rai sebelumnya berhasil mencatat 169 Ton Ekspor Komoditas Ikan dengan Nilai Devisa mencapai Rp54,6 M. Testimoni positif juga didapat Bea Cukai Ngurah Rai dari Naso’i seorang pengusaha ikan bandeng yang berkembang pesat di Gerokgak, Buleleng Barat. Lewat mandatory SSm ekspor dan autogate system, saya mendapatkan efisiensi untuk waktu yang lebih simple pengurusannya, sehingga ekspor ikan bandeng kami ke Fillipina menjadi cepat waktu dan dapat dipantau.

 

#eksporitumudah #stranas #reformasiregulasi #beacukaimakinbaik #ssmekspor